2016/03/15

Katakanlah Ade adalah seorang yang menjalankan pusat perawatan optik kecil yang pengaturan tokonya berkonsep family-friendly di sebuah pusat perbelanjaan. Anak dari para pelanggannya kadang-kadang berlarian sekehendak hatinya melewati fasilitas yang disediakan toko. Tokonya merupakan pusat kacamata ritel di mana ia baru saja menginstal sistem signage digital untuk lebih menjelaskan jasanya. Hal itu merupakan investasi yang relatif besar, dan ia khawatir bahwa ketika anak-anak mengunjungi toko, mereka akan mengutak-atik layar dan memainkannya sehingga display tersebut menjadi rusak. Ade tidak mau berurusan dengan masalah seperti itu. Apa yang bisa ia lakukan untuk melindungi layar display tanpa merusak citranya untuk terlihat profesional? Ade harus mempertimbangkan untuk menambahkan suatu media perlindungan bagi signage digital sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya.

Yang dimaksud dengan display digital dalam artikel ini adalah media display digital seperti TV LED baik touchscreen maupun yang bukan. Fungsinya adalah sebagai media promosi dan edukasi produk bagi para pelanggan, biasanya berisi foto-foto produk dengan sedikit keterangan teks dan disajikan secara slideshow. Sign display digital dapat berupa LCD atau layar plasma, LED, layar proyeksi atau jenis tampilan lainnya seperti permukaan interaktif atau layar LED organik (OLED) LED. Penurunan harga plasma dan layar LCD besar yang cepat telah menyebabkan peningkatan pertumbuhan jumlah pemasangan sign digital. Harga yang murah menimbulkan keuntungan lain yaitu memungkinkan bidang bisnis dalam jumlah yang lebih besar untuk memasang sign digital sehingga meningkatnya ketersediaan LCD dan merek layar plasma di pasaran yang lebih baru. Sekarang ini sudah banyak konsumen yang tidak lagi mempermasalahkan merk ternama yang relatif mahal, dan beralih ke merk-merk dari perusahaan yang belum terkenal dengan harga yang terjangkau.

Contoh tampilan pelindung sign display digital

Melindungi Media Display Digital
Manfaat perlindungan ini penting untuk seseorang seperti Ade, tapi pelindung display digital tersebut harus memberikan manfaat estetika juga. Agar terlihat menyatu dengan display, diperlukan beberapa penyesuaian untuk setiap dislay tergantung kebutuhannya. Semua kabel, port monitor dan elemen lainnya sebaiknya ditempatkan di tempat yang tersembunyi. Pengaturan ini tidak hanya lebih aman untuk publik tapi juga merupakan solusi yang lengkap.

Bahan
Ada beberapa kekhawatiran lain untuk menampilkan signage digital. Bagaimana menampilkan signage digital di luar ruangan yang terkena panas dan hujan? Atau signage publik yang bisa dengan mudah dirusak orang? Aplikasi yang berbeda membutuhkan solusi yang berbeda pula. Kondisi lingkungan instalasi akan menentukan jenis atau gaya pelindung yang diperlukan. Kebanyakan produsen biasanya merekomendasikan penggunaan pelindung aluminium karena bahannya ringan. Ada beberapa pilihan yang berbeda ketika mempertimbangkan pelindung. Aluminium adalah bahan yang populer karena berat dan daya tahannya.

Pelindung plastik adalah pilihan lain untuk penggunaan yang lebih ekonomis. Plastik biasanya mempunyai harga yang lebih murah namun tetap memberikan perlindungan yang cukup dan dapat sesuai dengan tema signage keseluruhan.

Lingkungan
Bagaimana jika pemilik usaha kecil, atau pengambil keputusan bagi bisnis yang lebih besar seperti museum, pusat konvensi, gerai ritel atau stadion menginginkan solusi pelindung signage digital? Mereka harus berpikir tentang apa yang cocok dan terbaik, tidak hanya dengan kebutuhan mereka, tetapi dengan lingkungan lokasinya juga. Apakah sign digital indoor atau outdoor? Apakah signage didital tersebut merupakan bagian dari tampilan non-digital yang lebih besar? Apakah akan ada fungsi interaktif?

Seberapa sering signage perlu perawatan? Ketika menampilkan signage digital di luar ruangan, menentukan pelindung yang tepat adalah hal yang penting. Pelindung yang benar akan melindungi bagian elektronik (layar LCD dan media player) terhadap suhu tinggi dan rendah dan kekhawatiran cuaca lainnya. Jika elektronik tidak disimpan pada suhu operasi yang diperlukan, elektronik pada dasarnya akan melemah dan selanjutnya tidak akan bisa dioperasikan. Sebaliknya, untuk solusi dalam ruangan, seringkali hanya membutuhkan ventilasi saja. Dalam kondisi lingkungan tertentu, biasanya udara yang kotor, akan memerlukan pendingin aktif dan filtrasi.

Untuk pelindung outdoor, ada aspek pemanasan dan pendinginan yang perlu diperhatikan. Walaupun komponen elektronik saat ini sudah dikembangkan menjadi lebih kuat dan dapat bertahan di suhu yang lebih tinggi, ventilasi udara pada pelindung tetap merupakan elemen yang penting. Bagi lingkungan yang beresiko terkena air hujan, perlu dipikirkan kembali tentang penempatan ventilasi udara pada pelindungnya sehingga cipratan air tidak sampai masuk ke dalam layar digital dan menjadi rusak.

Sumber :
Sign & Digital Graphics Edisi Januari 2016, artikel oleh Ryan Fugler.
https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_signage
Gambar dari http://www.topeledigital.com/product/55inchAD-LM55-FSA.html

1 komentar:

Muneer Ahmed said...

The fundamental reason for Outdoor LED signs is to advance the business. They utilize turning pictures and various types of writings conveying a particular message. church led signs